header-int

Tadris IPS IAIN Jember Sukses Menyelenggarakan Workshop Desain Media Pembelajaran IPS

Minggu, 09 Des 2018, 14:23:10 WIB - 149 View
Share
Tadris IPS IAIN Jember Sukses Menyelenggarakan Workshop Desain  Media Pembelajaran IPS

          Bertempat di Ruang VIP IAIN Jember pada hari Jum’at dan Sabtu tanggal 15 dan 16 September 2017, Prodi Tadris IPS suskses menyelenggarakan workshop Desain Media Pembelajaran IPS untuk mahasiswa Prodi Tadris IPS angakatan 2015, 2016 dan perwakilan dari angkatan 2017. Acara dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember Dr. H. Abdullah, S.Ag., M.HI., kemudian dilanjutkan penyampaian materi  Pengantar Media Pembelajaran oleh Ibu Kepala Prodi Tadris IPS Musyarofah, M.Pd.
          Hari kedua dilaksanakan pada sabtu tanggal 16 September 2017 mulai pukul 07.30. Pemateri inti dalam kegiatan ini merupakan dosen Universitas Jember yaitu Ibu Dr. Nurul Umamah, M.Pd. Materi yang disampaikan disesuaikan dan disusun sesuai kebutuhan mahasiswa Tadris IPS, diantaranya: (1) Orientasi Desain Media Pembelajaran IPS (Sistematika, diskripsi ilmiah,dan substansi) dan (2) Teknik Pembuatan Media Pembelajaran (Pembuatan Media Interaktif dan praktek pembuatan media pembelajaran kontektual serta sesuai dengan kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPS Terpadu).
             Pada hakikatnya media pembelajaran merupakan sesuatu yang berfungsi menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar mengajar pada dirinya. Media pembelajaran memiliki manfaat antara lain: pembelajaran akan lebih menarik perhatian dan dapat menumbuhkan motivasi belajar, bahan pengajaran akan lebih jelas, metode mengajar akan lebih bervariasi, siswa-siswi dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar.
        Mata pelajaran IPS saat ini masih menjadi momok bagi peserta didik, terkesan membosankan dan banyak hafalan. Media pembelajaran IPS dapat menjadikan pembelajaran IPS menjadi lebih menarik, sehingga dapat memotivasi siswa dalam belajar. Mahasiswa sebagai calon pendidik IPS perlu dibekali kemampuan dalam mendesain media pembelajaran, supaya mampu membuat media pembelajaran ips yang interaktif dan inovatif.
          Semua peserta antusias dan mendapatkan ilmu yang banyak dari pemateri. Praktik pembuatan media dilaksaanakan secara online ataupun secara grafis. Di penghujung berakhirnya workshop, mahasiswa menampilkan karya media yang telah mereka buat. Acara workshop ini berakhir hingga pukul 16.15, dan ditutup dengan doa bersama.

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2020 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube