header-int

Peringati Hari Bumi Sambil Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Geografi

Minggu, 09 Des 2018, 13:19:23 WIB - 134 View
Share
Peringati Hari Bumi Sambil Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Geografi

Hari bumi diperingati secara internasional setiap tanggal 22 April. Hari Bumi sendiri ditetapkan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pelestarian terhadap planet yang ditinggali manusia yaitu bumi. Apresiasi terhadap bumi yang telah menjadikan tempat yang nyaman bagi kehidupan, setidaknya terwujud dalam upaya masyarakat supaya menyempatkan diri dalam satu hari (di tanggal 22 April) khusus untuk pelestarian lingkungan. Bertepatan dengan peringatan hari bumi ini, keluarga Tadris IPS angkatan 2015 yang sedang mengampu mata kuliah Dasar-Dasar Geografi melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) sekaligus merayakan hari bumi di area pesisir selatan Kabupaten Jember, tepatnya di Kecamatan Puger.
           KKL yang dilaksanakan pada hari Sabtu 22 April 2017 ini berusaha mengamati fenomena lingkungan dan sosial di 4 titik. Titik pertama berada di sekitar kawasan Gunung Kapur Grenden, titik kedua berada di kawasan mangrove Gethem, dan titik ketiga berada di muara Sungai Tanggul serta titik keempat berada di lokasi mercusuar sekitar muara Sungai Bedadaung. Interaksi dan ajakan untuk melestarikan bumi sebagai tempat tinggal manusia dilaksanakan ketika berada di titik kedua. Wawancara dengan masyarakat dan pegiat mangrove dilakukan oleh mahasiswa secara kelompok.
          Pelaksanaan KKL itu sendiri merupakan aplikasi dari materi yang telah disampaikan di kelas. Penetapan Kecamatan Puger sebagai lokasi KKL dikarenakan kecamatan tersebut memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah mulai dari tambang kapur hingga kekayaan hasil tangkapan lautnya. Namun kekayaan sumber daya alam yang dimanfaatkan secara cuma-cuma oleh masyarakat sekitar, harus diimbangi dengan pelestarian terhadap lingkungannya. Jika tidak, lingkungan dan sumber daya alam akan semakin rusak dan akan berdampak pada kehidupan manusia yang tinggal di lingkungan tersebut.
        Banyak hikmah dari pelaksanaan KKL ini, selain sebagai aplikasi teori di kelas, mahasiswa Tadris IPS juga dapat menyadarkan diri akan pentingnya menjaga dan melestarikan bumi. Sampai jumpa pada pelaksanaan KKL selanjutnya, Salam Sosial!!!


Video Terkait :

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2020 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube