header-int

LAKUKAN SAFARI RAMADHAN, MAHASISWA TIPS IAIN JEMBER JALIN SILATURAHMI DAN BERBAGI DENGAN SESAMA

Jumat, 17 Mei 2019, 15:51:23 WIB - 43 View
Share
LAKUKAN SAFARI RAMADHAN, MAHASISWA TIPS IAIN JEMBER JALIN SILATURAHMI DAN BERBAGI DENGAN SESAMA

Dibulan puasa, Safari Ramadhan digunakan sebagai ajang silaturrahmi antara sesama muslim dibulan ramadhan. Tradisi silaturrahmi ini sangat dianjurkan karena memiliki efek yang sangat konstruktif baik bagi kehidupan individu maupun sosial. Sebagaimana dianjurkan oleh Rasulullah, silaturrahim memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah memperpanjang usia dan memperbanyak rezeki bagi yang melakukannya. Sebagaimana hadist Rasulullah SAW. "Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung silaturrahim" (HR. Bukhari).

Kata Safari dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti perjalanan atau petualangan jarak jauh dalam kegiatan ekspedisi, baik penelitian, penyelidikan dan wisata. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa Safari Ramadhan merupakan sebuah kegiatan yang terakomodir secara kelompok untuk kegiatan ekspedisi guna menggapai keutamaan-keutamaan bulan suci Ramadhan. Mahasiswa Tadris IPS IAIN Jember memiliki tradisi bersama untuk meramaikan kegiatan safari Ramadhan. Beberapa tradisi kegiatan yang sering dilakukan yaitu silaturahmi ke sesama mahasiwa TIPS dari berbagai angkatan melalui kegiatan buka bersama (buber), berbagi dengan sesama di yayasan yatim piatu, kegiatan khotmil Qur’an bergantian di rumah-rumah mahasiswa, dan bagi-bagi takjil secara gratis.

Kegiatan berbagi dengan anak yatim piatu dilaksanakan di yayasan Az-Zahra Griya Mangli pada tanggal 11 Mei 2019 atau bertepatan dengan tanggal 6 Ramadhan 1440 H. Sedangkan kegiatan khotmil Qur’an dilaksanakan pada tanggal 14 Mei 2019 bertempat di rumah mahasiswa secara bergiliran dan kegiatan bagi-bagi takjil dilaksanakan di sekitar lampu merah Ajung. (TIPS/Oman)

 

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2019 Tadris IPS IAIN Jember Follow Tadris IPS IAIN Jember : Facebook Twitter Linked Youtube