header-int

Ilusi dan Harapan Keberadaan Laboratorium IPS

Sabtu, 04 Mei 2019, 13:33:23 WIB - 347 View
Share
Ilusi dan Harapan Keberadaan Laboratorium IPS

Laboratorium IPS adalah tempat (baik di dalam ruangan ataupun di luar ruangan) yang disiapkan secara khusus untuk melakukan kegiatan eksperimen, analisis, observasi, penelitian dan kegiatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).Laboratorium IPS sebagai salah satu prasarana penunjang pembelajaran IPS di sekolah semakin dibutuhkan keberadaannya. Laboratorium IPS dapat dijadikan sebagai tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran IPS secara praktek dengan peralatan khusus yang tidak mudah dihadirkan di ruang kelas sehingga proses pembelajaran dapat berjalan lebih efektif. 

Laboratorium IPS memerlukan media atau alat-alat peraga didalamnya, yaitu sebagai berikut: Gambar-gambar dinding (pakaian adat, alat rumah tangga dan setiap suku di Indonesia atau dunia), foto-foto peristiwa bersejarah atau tokoh sejarah (Indonesia atau Dunia), peta-peta sejarah, geografi (informasi fisik bumi, sumber-sumber alam, ekonomi, mineral), peta dinding (informasi batas politik antar negara), karya grafis (bentuk gambar grafik, bagan diagram) yang memuat informasi tentang penduduk (bangsa-bangsa atau kelompok etnis, ekonomi, sumber alam, agama, politik, sosial, sejarah (peristiwa ditempatkan dalam bagan atau poros 9 bagan), karya kerajinan (craft work) dalam visual tiga dimensi berupa model patung tokoh sejarah dari tanah liat, peta timbul dan sebagainya, serta peralatan elektronik audio seperti radio cassette, peralatan audio visual proyektor film, film layar lebar (screen).

Keberadaan laboratorium IPS pada sekolah jenjang SMP/MTs serta SMA/MA pada saat ini sangat dibutuhkan. Apalagi sekolah-sekolah banyak yang menerapkan Kurikulum 2013 yang menuntut pembelajaran lebih konstektual. Kenyataanya, laboratorium IPS sulit sekali dijumpai di sekolah-sekolah. Tantangan dan hambatan untuk mendirikan laboratorium IPS sangat banyak dan beragam, mulai dari terbatasnya lahan, kebijakan sekolah, dan lain-lain. Anggapan Laboratorium IPS dirasa kurang dibutuhkan oleh sekolah sangat sering kita dengar.

Program Studi Tadris IPS IAIN Jember melalui Mata Kuliah Pengembangan Laboratorium IPS berupaya mengajarkan secara teori pentingnya keberadaan Laboratorium IPS di sekolah. Mata Kuliah Pengembangan Laboratorium IPS ini merupakan mata kuliah utama program studi yang ditempuh mahasiswa saat semester VI. Tujuan dari mata kuliah ini salah satunya (1) memahamkan mahasiswa (sebagai calon guru IPS) akan pentingnya keberadaan laboratorium IPS (baik itu indoor ataupun outdoor), (2) membekali calon guru IPS untuk merencanakan dan membentuk Laboratorium IPS di Sekolah tempat mengajar nanti, dan (3) melakukan kunjungan laboratorium IPS di sekolah sehingga mahasiswa mendapatkan gambaran langsung mengenai sejarah, hambatan, tantangan dan desain laboratorium IPS di sekolah. Pengalaman pendirian Laboratorium IPS secara langsung dapat dilakukan dengan cara mengunjungi sekolah yang memiliki laboratorium tersebut. Namun keberadaan laboratorium IPS di sekolah sangat langka, jika dibandingkan dengan keberadaan laboratorium IPA yang hampir setiap sekolah memilikinya.

Sebanyak 38 mahasiswa Tadris IPS angkatan 2016 yang mengampu mata kuliah ”Pengembangan Laboratorium IPS” melakukan studi lapangan pada tanggal 2 Mei 2019 di SMAN 2 Situbondo.  Tujuan utama studi lapangan ini yaitu belajar secara langsung kepada pelaku (aktor utama) pendirian laboratorium IPS. SMAN 2 Situbondo memiliki 2 laboratorium bidang IPS yaitu Laboratorium Geografi dan Laboratorium Sejarah. Tantangan dan hambatan saat pendirian laboratorium IPS ini diakui oleh Ibu Nurma Novita (Guru Geografi) dan Ibu Sri Lambang Kasuriyani (Guru Sejarah) sangat banyak dan butuh perjuangan. Seperti pendirian Laboratorium Geografi, butuh pembuktian dari adanya prestasi dari siswa IPS (geografi) dulu baru sekolah dapat mendirikan laboratorium geografi. Gedung laboratorium geografi yang dirintis sejak 2007 dan baru bisa diresmikan tahun 2009 awalnya merupakan gudang sekolah (penjelasan Ibu Nurma). Sedangkan pendirian laboratorium Sejarah baru bisa berdiri dan diresmikan tahun 2019, sejak dirintis mulai tahun 2016. Strategi pelaporan akan kebutuhan laboratorium sejarah dilaporkan kepada komite sekolah untuk kemudian disuarakan kepada pimpinan sekolah (keterangan Ibu Sri lambang). Setelah berdiri, kerjasama (memorandum of understanding) dilakukan dengan beberapa pihak yaitu dengan kolektor benda-benda sejarah, komunitas Situs Melik Bondowoso, seniman Bali, dan lain-lain. Usaha mengembangkan laboratorium sejarah juga dibentuk kelompok siswa Club Suka Sejarah SMAN 2 Situbondo.

Guru-guru jurusan IPS SMAN 2 Situbondo sangat antusias menyambut mahasiswa Tadris IPS IAIN Jember belajar secara langsung mengenai pendirian dan pengelolaan laboratorium IPS. Bahkan tawaran kerja sama mengenai pengembangan laboratorium IPS antara dua lembaga ini akan dilakukan kedepannya. Harapannya bagi mahasiswa Tadris IPS IAIN Jember dapat semakin menambah referensi mengenai strategi dan desain pendirian laboratorium IPS dan bagi SMAN 2 Situbondo dapat melakukan kerjasama dalam hal keilmuan bidang IPS. Semoga laboratorium IPS dapat terbentuk di sekolah-sekolah lain kedepannya. (TIPS/Obi)


 Laboratorium Geografi

Suasana saat Sambutan Oleh Bapak Kepala Sekolah SMAN 2 Situbondo dan saat di Laboratorium Geografi


 

Saat berkunjung dan berbagi pengalaman dengan Ibu Sri Lambang Kasuriyani di Lab. Sejarah SMAN 2 Situbondo


 

Mahasiswa Tadris IPS sangat antusias ketika belajar dan berbagi pengalaman mengenai pendirian Lab. IPS


 

Foto bersama Club Suka Sejarah dan dewan guru SMAN 2 Situbondo


 

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2019 Tadris IPS IAIN Jember Follow Tadris IPS IAIN Jember : Facebook Twitter Linked Youtube